Manfaat Asi Dan Makanan Pengganti Asi

Manfaat ASI | Bayi Menyusui ASI | Makanan Pengganti ASI :

London Barat, Air Susu Ibu diketahui sangat bermanfaat bagi bayi terutama yang prematur. Karena itu Amanda sangat bersyukur ketika bayi yang dilahirkannya secara prematur bisa mendapatkan ASI dari pendonor dan kini sang bayi bertahan hidup.

Manfaat Asi,Bayi Menyusui Asi,slutena,makanan pengganti asi

London Barat, Air Susu Ibu diketahui sangat bermanfaat bagi bayi terutama yang prematur. Karena itu Amanda sangat bersyukur ketika bayi yang dilahirkannya secara prematur bisa mendapatkan ASI dari pendonor dan kini sang bayi bertahan hidup.

Awalnya Amanda Davies menjalani kehamilan tanpa rintangan apa pun, tapi ia seperti mendapat mimpi buruk ketika tiba-tiba air ketuban yang melindungi janinnya pecah 2 bulan sebelum waktunya.

“Saya merasa hari itu bukanlah saat yang tepat untuk melahirkan karena masih butuh waktu 2 bulan untuk mencapai usia kehamilan normal,” ujar Amanda (33 tahun), seperti dikutip dari Dailymail, Selasa (10/4/2012).

Selama kehamilan, kantung berisi cairan yang dikenal sebagai cairan ketuban akan mengelilingi janin. Menjelang akhir kehamilan, jumlah kolagen berkurang dan kantung air akan pecah.

Namun bagi sebagian besar perempuan hal ini terjadi secara spontan sehingga ia akan melahirkan dini dan air ketuban pecah sebelum persalinan. Kondisi ini disebabkan karena ada lubang kecil yang muncul di kantung dan jauh dari leher rahim.

Melihat kondisi tersebut Amanda langsung ke rumah sakit dan dokter memutuskan untuk melakukan monitoring dan ada kemungkinan bayi akan lahir lebih dini. Setelah selama 7 hari tidak ada yang terjadi, dokter pun memutuskan untuk melakukan persalinan.

Saat itu Amanda memilih melakukan hypnobirthing sambil mendengarkan musik. Namun beberapa jam kemudian denyut jantung bayi menurun dan dokter langsung memberitahunya untuk segera melahirkan.

Dokter kandungan pun melakukan episiotomi (pengguntingan jalan lahir) dan bantuan forcep. Bayi yang diberi nama Molly ini lahir pada 25 Mei 2009 namun tidak bernapas.

“Saya melihat ia begitu pucat akibat terlilit tali pusat dan saya tidak bisa membayangkannya. Saya takut dan suami saya hanya bisa berkata ‘Semuanya akan baik-baik saja’,” ujar Amanda.

Sekitar 5 menit setelah dilahirkan, dokter mengatakan bahwa Molly membutuhkan perawatan darurat untuk menyelamatkannya. Setelah Molly bernapas kembali ia dibawa ke perawatan intensif neonatal selama 6 minggu sedangkan Amanda dirawat di ruang intensif dewasa akibat mengalami pendarahan hebat.

Saat itu dokter menanyakan apakah ia mau memberikan ASI atau tidak, namun kondisi yang dialami Amanda ditambah dengan kelahiran prematur membuat produksi ASI nya belum cukup. Akhirnya ia pun menerima saran untuk mendapatkan ASI dari bank ASI.

Amanda dan suami Sam percaya bahwa ASI adalah makanan terbaik untuk bayi yang bisa sangat bermanfaat bagi kesehatan anak dalam jangka pendek, menengah dan panjang terutama untuk bayi sakit atau prematur.

Proses produksi ASI dimulai ketika bayi mendekati waktu kelahiran, tapi jika persalinan prematur maka membutuhkan waktu 3-4 hari sebelum si ibu membuat ASI yang cukup. Hal ini akan butuh waktu lebih lama lagi jika kelahiran sangat awal atau si ibu tidak sehat seperti dalam kasus Amanda.

“Produksi ASI saya baru ada beberapa minggu setelah melahirkan, saya selalu merencanakan untuk menyusui namun melahirkan prematur. Tapi saat ia dibawa pulang saya sudah bisa menyusui dan saya bersyukur ia mendapat ASI dari bank ASI selama 2 minggu setelah dilahirkan karena membuatnya bertahan hidup,” ungkapnya.

Saat ini Molly hampir berusia 3 tahun dan bisa berkembang dengan sehat. Amanda merasa sangat berhutang dengan para pendonor yang sudah memberikan ASI nya melalui bank susu Queen Charlotte’s yang sudah menjadi pelindungnya.

“Ini adalah sumber daya yang luar biasa untuk memberikan ASI dengan nutrisi yang berharga dan memiliki antibodi untuk bayi kecil yang rentan atau berpontensi sakit,” ujar Amanda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *